Lolo Fernandez – Pesepak bola jenius

10-lolo-fernandez

Selama 12 tahun karir sepak bolanya dengan tim asal Peru, antara tahun 1935 dan 1947, Lolo Fernandez bukanlah seorang pemain Piala Dunia seperti Obudlio Varela dari Uruguay atau pun pemain Brasil Leonidas da Silva. Meski demikian, dia masih jadi pemimpin inspirasional bagi sejarah sepak bola Peru. Di atas lapangan, dia melakukan banyak hal untuk mendukung perkembangan sepak bola di negaranya ini, salah astu tempat penggila bola di dunia. Dia sangat terkenal di kawasan Peru, mulai dari Trujillo dan Ica hingga Puno dan Cajamarca. Hasratnya untuk tanah kelahirannya ini dicerminkan di seluruh aspek kehidupannya.

Dia mulai bermain sepak bola sebelum olah raga ini jadi olah raga professional di tanah Peru. Sepak bola – olah raga paling popular di seluruh dunia – dibawa oleh pekerja-pekerja asing asal Inggris di paruh kedua abad 19 dan olah raga ini juga sudah terkenal sebagai aktifitas yang dilakukan ketika mengisi waktu luang.

Saudara tertua dan paling hebat di antara tiga saudara Fernandez lainnya yang bermain bola, dia – dikenal dengan julukan Lolo – dianggap sebagai salah satu atlet terhebat Peru sepanjang masa, bersama dengan Edwin Vasquez Cam (peraih medali emas Olimpiade London 1948), Cecillia Tait Villacorta (di antara pemain voli terbaik di abad ini), Juan Carlos Johny Bello (peraih 12 gelar Bolivarian di tahun 1970’an), dan Gabriela Gaby Perez del Solar (peraih medali perak voli wanita di ajang Olimpiade Korea Selatan 1988).

Selama karir Fernandez bersama tim nasional, republik pegunungan Andes ini berhasil meraih satu Copa America (1939) dan satu Bolivarian Championship (1938). Di tingkat klub, dia berhasil mendapatkan Piala Liga Peru – kompetisi di seluruh Peru – enam kali bersama klubnya Universitario de Deportes, mencetak rekor klub sebanyak 157 gol – sebuah rekor yang tetap bertahan. Selain itu, dia juga di antara pencetak gol terbanyak di ajang divisi papan atas di tahun 1932 dengan 11 gol, 1933 dengan 9 gol, di tahun 1934 dengan 9 gol, 1939 dengan 15 gol, 1940 dengan 15 gol, tahun 1942 dengan 11 gol, dan 1945 dengan 16 gol. Selain itu, dia juga salah satu peserta Olimpiade yang paling terkenal di masanya. Dia dikenal sebagai salah satu pemain papan atas yang pernah bersaing di ajang Olimpiade modern.

Baca : casino.mabosbet.net

Lolo Fernandez – Pesepak bola jenius